Sekolah Laboratorium Pancasila Memberikan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Makanan Bergizi Gratis kepada 465 Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara

Spread the love

Jakarta – Dalam rangka optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan dukungan terhadap asupan gizi seimbang dalam proses belajar mengajar, maka Pemerintah Kota Adm Jakarta Utara berkolaborasi dengan Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP), melalui program Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP) mengadakan kegiatan Penyerahan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Makan Bergizi Gratis kepada 465 Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara.

Acara yang berlangsung pada hari Jumat, 26 Juli 2024 ini, dihadiri oleh Subkoordinator Pendidikan, Kebudayaan dan Mental Spiritual, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Sugiman, Kasatlak Pendidikan Kecamatan Koja, Yayah Nuraliyah, Ketua Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP) Dr.(c). Ir. Hamry Gusman Zakaria M.M, Kasi Kesra Kecamatan Koja, Dewi Esa Marliana, S.H, dan Sekretaris Kelurahan Lagoa, Lili Ismailiah.

PLT Kepala Sekolah SDN Lagoa 07, Suwondo, S.Pd, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP), Bank DKI, dan lintas sektor terkait yang telah memberikan dukungan terselenggaranya Makan Bergizi Gratis kepada 465 siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara. “Kami juga berterima kasih kepada YPLP yang telah menyediakan tiga Modul Projek P5 “Gaya Hidup Berkelanjutan” yang bermanfaat dan dapat membantu sekolah menerapkan P5”, imbuh Suwondo.

Sebagai bentuk dukungan Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP) dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, dalam kegiatan ini, Dr. (c). Ir. Hamry Gusman Zakaria, M.M, Ketua Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP), menyerahkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Modul Projek yang disediakan ada 3 Fase dan telah terintegrasi dengan kegiatan Sekolah Laboratorium Pancasila, yaitu : (1) Modul Projek Fase A untuk Kelas 1 dan 2, berjudul “Sampahku adalah Tanggung Jawabku: Membuat Bank Sampah & Eco Enzym” ; (2) Modul Projek Fase B untuk Kelas 3 dan 4, berjudul “Mengolah Sampah Organik untuk Budidaya Cacing Tanah dan Magot”; (3) Fase C untuk Kelas 5 dan 6, berjudul “Aksi Arsitek Lingkungan”.

 

Dr. (c). Ir. Hamry Gusman Zakaria, M.M, Ketua Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP), menyerahkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema “Gaya Hidup Berkelanjutan” kepada PLT Kepala Sekolah SDN Lagoa 07, Suwondo, S.Pd (Dok. YPLP)

Dr. (c). Ir. Hamry Gusman Zakaria M.M yang juga sebagai Motivator dan Narasumber LEMHANNAS RI ini menyampaikan bahwa adanya Modul Projek P5 ini, diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dan meningkatkan karakter Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara. Hal senada juga disampaikan oleh Subkoordinator Pendidikan, Kebudayaan dan Mental Spiritual, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Sugiman, “Semoga Modul P5 ini dapat memperkaya khazanah keilmuan siswa dalam menerapkan Nilai-Nilai Pancasila, serta menambah kompetensi siswa dan guru dalam memecahkan berbagai permasalahan.”

Acara dilanjutkan dengan kegiatan pembagian makan bergizi gratis kepada 465 Siswa SDN Lagoa 07. Siswa dengan lahap menikmati makanan sehat yang telah disediakan.

Pembagian Makanan Bergizi Gratis kepada Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara (Dok. YPLP)

 

 

 

 

Siswa-Siswi SDN Lagoa 07 Menikmati Makan Bergizi Gratis berupa Telur Ayam dan Bubur Kacang Hijau

(Dok. YPLP)

Kegiatan Pembagian Makan Bergizi Gratis di SDN Lagoa 07 dilakukan secara gotong-royong sebagaimana penerapan Nilai Pancasila Sila ke-3. Atas support dari Bank DKI dan Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP) dapat menyediakan Telur Ayam dan Bubur Kacang Hijau. Sebelum makanan dibagikan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, telah memeriksa keamanan makanannya. Orang Tua dalam hal ini diwakili Satgas Independen SLP, terlibat dalam pengemasan dan pembagian makanan bergizi ke kelas-kelas. Kasatlak Pendidikan Kecamatan Koja, Yayah Nuraliyah menyampaikan, “Kegiatan pemberian makanan bergizi gratis ini melibatkan berbagai unsur, dengan adanya asupan makanan bergizi diharapkan siswa menjadi lebih sehat dan lebih cerdas.”

Pemeriksaan Keamanan Makanan Bergizi oleh Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara (Dok. YPLP)

Proses Pengemasan Makanan Bergizi oleh Satgas Independen (Orang Tua Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara) (Dok. YPLP)

Foto Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara Bergotong Royong Mencuci Gelas Pasca Makan Bergizi Gratis           (Dok. YPLP)

“Kegiatan penyediaan makanan bergizi gratis ini akan dilaksanakan secara rutin setiap minggu di sekolah selama program Sekolah Laboratorium Pancasila berlangsung. Asupan makanan bergizi ini diharapkan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik yang optimal. Nutrisi yang baik meningkatkan daya tahan tubuh siswa terhadap penyakit,” ujar Dr. (c). Ir.  Hamry Gusman Zakaria, M.M, yang kini sedang menempuh pendidikan doktor.

Foto Bersama Pejabat Lintas Sektor dengan Siswa SDN Lagoa 07 Jakarta Utara (Dok. YPLP) 

Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila (YPLP) terus berkomitmen untuk mendukung pendidikan yang berkualitas dan pengembangan karakter berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila. Melalui berbagai program dan kegiatannya, YPLP berupaya memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan?